Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melakukan Meditasi Kesadaran

Cara Melakukan Meditasi Kesadaran - Leonade.XYZ

Apa itu meditasi kesadaran?

Praktek meditasi telah dipraktekkan sejak jaman dahulu dalam berbagai tradisi dan kepercayaan agama, khususnya sebagai bagian dari jalan menuju pencerahan dan realisasi diri. Sejak abad ke-19, meditasi telah menyebar dari tempat asalnya ke budaya lain di mana umumnya dipraktikkan dalam kehidupan pribadi maupun kelompok.

Meditasi kesadaran adalah praktik meditasi dalam keadaan sadar penuh, fokus pada pikiran mereka terhadap satu objek, pemikiran atau aktivitas tertentu. Meditasi kesadaran bertujuan untuk melatih perhatian dan kesadaran, konsentrasi, serta untuk mencapai kondisi mental dan emosional yang lebih stabil dan lebih tenang.

Meditasi pada dasarnya adalah tentang menemukan ketenangan dalam pikiran kita, berada di saat sekarang, dan memasuki keadaan damai dan relaksasi yang mendalam. Ini bukan tentang menjernihkan pikiran kita dari semua pikiran dan perasaan. Ini tentang belajar mengamati pikiran dan perasaan itu tanpa keterikatan atau penilaian.

Cara melakukan meditasi kesadaran

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam melakukan meditasi kesadaran. Silahkan pilih tempat yang aman dan nyaman, jauh dari gangguan dan lebih tenang. Usahakan juga memilih tempat yang mendukung anda untuk meditasi. Langkah-langkah berikut ini harus dilakukan secara berurutan agar anda bisa berhasil melakukan meditasi kesadaran dan membawa manfaat yang optimal.

1. Jelaskan maksud dan mantapkan niat

Pastikan kita harus mengerti betul alasan kita untuk meditasi, termasuk juga penyebab anda ingin melakukannya. Pikirkan juga apakah meditasi kesadaran penting untuk anda lakukan. Tetapkan dan mantapkan niat anda untuk meditasi, yakinlah bahwa anda bisa melakukannya.

2. Siapkan diri anda agar bisa melakukan meditasi kesadaran

Persiapkan diri anda, pastikan tempat yang anda pilih adalah tempat yang baik dan menunjang. Jauhkan diri anda dari potensi adanya gangguan seperti gangguan dari orang lain atau dari telepon seluler anda. Mempersiapkan diri bertujuan agar anda bisa lebih fokus dalam meditasi dan tanpa gangguan.

3. Pilih posisi tubuh

Karena ini adalah meditasi kesadaran, maka sebaiknya tidak dilakukan sambil tidur karena berpotensi untuk membawa anda pada tidur nyenyak. Carilah tempat yang nyaman untuk duduk, anda bisa juga duduk bersila, tergantung dari kenyamanan anda sendiri. Pastikan posisi tubuh anda senyaman mungkin. Tapi sebaiknya jangan juga terlalu nyaman agar kesadaran anda tetap terjaga, tidak membuat ngantuk.

4. Jaga agar tulang punggung tetap tegak

Sepanjang proses meditasi kesadaran, usahakan anda menjaga tulang punggung anda agar tetap tegak. Tarik napas perlahan sambil mengangkat pundak, hembuskan nafas perlahan sambil menurunkan pundak. Usahakan untuk menyimpan nafas pada rongga diafragma, ini seperti teknik pernafasan untuk latihan bernyanyi.

Lakukan pola pernafasan berulang kali sampai anda merasa rileks dan santai. Disinilah tugas anda agar menjaga tulang punggung tetap tegak, atur tulang punggung ketika anda merasa sudah mulai membungkuk. Perhatikan juga posisi lengan, letakan di atas paha dan usahakan pundak anda tidak memiliki beban agar lengan bisa istirahat dengan baik.

5. Tutup mata anda

Selanjutnya, silahkan tutup mata anda. Pusatkan perhatian anda pada satu titik di antara kedua mata.

6. Fokuskan perhatian tarikan dan hembusan nafas

Dengan mata tertutup, perhatikan napas anda dan perhatikan bagaimana tubuh bergerak dengan setiap tarikan dan hembusan nafas. Perlahan-lahan tarik napas dan buang napas melalui hidung. Jika pikiran anda mulai memikirkan hal lain, usahakan untuk kembali fokus pada nafas anda.

7. Rilekskan tubuh

Bayangkan setiap tarikan dan hembusan nafas anda akan membuat tubuh anda semakin rileks. Mulailah dari kepada, wajah, leher, pundak, punggung, dada, dan seterusnya hingga seluruh tubuh menjadi rileks. Melepaskan ketegangan tubuh akan membantu anda terbuka terhadap apapun yang muncul selama meditasi Anda.

8. Gunakan kata kunci

Ambil napas dalam-dalam melalui hidung, sambil berpikir atau mengulangi kata kunci pilihan anda. Pastikan kata tersebut adalah kata yang baik dan membawa anda kepada kebaikan. Contohnya, saat menarik nafas anda ucapkan dalam pikiran kata "Saya", dan saat menghembuskan nafas ucapkan kata "Sehat". Jadi kata kunci anda adalah "Saya Sehat". Lakukan terus menerus mengikuti pernafasan anda.

Setiap kali kehilangan fokus, usahakan untuk tetap kembali fokus pada pernadasan. Pikiran yang bercabang itu pasti akan terjadi dalam meditasi. Pada beberapa orang mungkin akan merasakan atau mendengarkan sesuatu yang seperti nyata. Ini adalah efek sensasi dari meditasi, tidak perlu hiraukan dan usahakan untuk kembali fokus pada pernafasan ketika itu terjadi.

9. Sekarang anda sedang bermeditasi

Jika sampai pada langkah ke 8 berhasil anda lakukan, maka anda sudah melakukan meditasi kesadaran. Jika anda masih merasa nyaman untuk melanjutkan, maka silahkan lanjutkan tapi jangan terlalu lama. Maksimal untuk latihan bisa hingga 20 menit atau 30 menit. Setelah selesai, silahkan hentikan mengucapkan kata kunci anda. Masih dalam kondisi mata tertutup silahkan istirahat sejenak.

10. Lakukan secara rutin

Sebagai proses latihan meditasi kesadaran, sebaiknya anda lakukan setiap pagi hari setelah bangun tidur. Lakukan latihan selama 30 menit sehari atau bisa juga dua hari sekali. Gunakan kata kunci berbeda pada setiap latihan. Pilih kata kunci yang bisa membangun diri anda menjadi lebih baik lagi, pastikan anda memilih kata kunci dengan bijak dan penuh pertimbangan matang. Karena meditasi kesadaran sangat dipengaruhi oleh kata kunci yang akan anda gunakan.
Leon Manua
Leon Manua Mata yang tak pernah kau tatap secara nyata

Posting Komentar untuk "Cara Melakukan Meditasi Kesadaran"